Dimasa pandemi ini banyak kegiatan yang dibatasi untuk mencegah penularan Covid’19. Dengan berbagai persyaratan dan menerapkan protokol kesehatan, Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka Universitas Trunojoyo Madura melakukan serah terima jabatan dan pendadaran yang dilaksanakan pada tanggal 18 – 21 Februari 2021 di Dispora Bangkalan dan Bukit Tlekung Malang.

Kegiatan ini dilakukan untuk menanamkan solidaritas antar dewan Racana, memahamkan tugas pokok dan fungsi dewan Racana, menanamkan mindset dewan untuk selalu berinovasi dan mengenali situasi dalam berkegitaan. Jumlah peserta yang mengikuti serah terima jabatan dan pendadaran yaitu 22 orang.

Panitia pelaksana kegiatan yaitu demisioner dewan Racana masa bakti 2020-2021 yang diketuai oleh Sri Ratna Aprianti selaku Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka masa bakti 2020-2021 yang bertemakan Inovatif, Berintegritas, dan Pantang Menyerah.

Kegiatan pendadaran ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yaitu sharing-hearing, pemberian materi, dan penjelajahan. Sharing-hearing dilakukan bersama perti Universitas Brawijaya, Universitas Islam Negeri Malang, dan Universitas Malang. (Jumat, 02 Februari 2021).

Rangkaian kegiatan lainnya yaitu materi psikologi organisasi, kepandegaan, Scout projects, dan rapat kerja (RAKER).  Materi psikologi disampaikan oleh kak Aan Sumantri sebagai Andalan Binamuda Kwarcab Malang.

Menurut kak Aan, salah satu bagian-bagian Psikologi Industri dan Organisasi yaitu motivasi, kepuasan kerja, dan setres kerja.

“Kita harus mengerti bagaimana cara mengenali anggota. Pramuka itu harus fleksibel dan rileks agar tidak setres,” kata kak Aan.

Materi kedua yaitu kepandegaan yang diberikan oleh kak Joeli Esmawanto, S.Pd. CH selaku Waka Pusdiklatcab kota Malang. Menurut kak Kipo fungsi pandega yaitu kepekaan sosial terhadap lingkungan.

“Jadilah orang yang banyak dirindukan orang dan jangan menjadi orang yang banyak diomongi orang”, kata kak Kipo.

Begitu pula dengan materi ketiga yang disampaikan oleh Nur Suaib tenteng Scout Project. Dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan kita harus menggunakan metode kepramukaan. Terdapat 7 tahapan Scout Project diantaranya jenis kegiatan, mengintegrasikan kesempatan belajar, perencanaan, persiapan, pelaksanaan kegiatan, dan selebrasi.

Rapat Kerja dilakukan untuk memilih program kerja yang akan dilakukan selama kepengurusan yaitu program kerja tahunan, bulanan, mingguan, dan program kerja setiap devisi. Terdapat 5 Devisi dalam kepengurusan masa bakti 2021 yaitu devisi giat, devisi litebang, devisi kewirausahaan, devisi kerumahtanggaan, dan devisi humas. Selain kelima devisi terdapat PH Racana yang terdiri dari Ketua Dewan Racana, sekretaris, bendahara, dan pemangku adat. Rapat Kerja ini dipimpin oleh Ketua Dewan Racana Terpilih.

Penjelajahan dilakukan di Coban Putri pada hari Sabtu, 20 Februari 2021. Penjelajahan ini terdapat 3 pos, pos pertama yaitu pemberangkatan dengan tantangan memecahkan sandi kotak dua. Pos kedua diisi dengan membuat renungan dengan waktu 10 menit. Pos ketiga diisi dengan penerapan Scout Project.

Kegiatan terakhir dari serah terima jabatan dan pendadaran yaitu upacara adat penutupan program kerja. Pesan dari Ketua Dewan Racana putri semoga nantinya kita bisa menyelesaikan amanah yang sudah diberikan.

 

Hasnawati

Pendirian Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas Trunojoyo Madura

hasnawati60pgpaud@gmail.coms