Racana Trunojoyo- Racana Rato Ebu Gugus Depan Bangkalan 02.067-02.068 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menyambut para anggota baru racana dengan kegiatan pelantikan. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan berjalan kaki mengelilingi kota Bangkalan melalui jalan-jalan desa, jalan persawahan, hingga bukit-bukit kapur yang ada di pulau Madura. Pelantikan dilaksanaan pada (22-24/11/19). Diikuti sekitar 40 orang calon anggota baru. “Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari tersebut merupakan syarat kelulusan para calon anggota baru untuk menjadi anggota dewan racana pramuka UTM,” Penjelasan Kak Diana, Ketua Pelaksana kegiatan tersebut. 

Pelantikan itu memuat beberapa kegiatan di dalamnya. Kegiatan pertama dimulai dengan upacara pembukaan kegiatan, yang dihadiri serta dibuka oleh pembina pramuka UTM. Setelah itu peserta pelantikan mulai berjalan kaki yang startnya dari gerbang lama kampus UTM dengan membawa barang-barang individu atau kelompok masing-masing. Barang-barang yang dibawa para peserta pun cukup banyak. Dimulai dari peralatan individu yaitu alat shalat, alat mandi, PDH, dan lain-lain. Sedangkan peralatan setiap kelompok masing – masing antara lain kompor lapangan, bahan memasak, panci, dan masih banyak lagi. Hingga hari ketiga tempat finish berujung di kampus UTM dan ditutuplah kegiatan tersebut dengan upacara penutupan pelantikan sekaligus upacara pelantikan anggota racana yang baru.

Perjuangan yang tidak mudah untuk menempuh kegiatan ini hingga selesai. Berjalan kaki sepanjang 67 km yang ditempuh selama 3 hari. Berusaha mencukupi kebutuhan pribadi dalam perjalanan, misalnya memasak untuk menambah tenaga, mencari sumber air untuk mengatasi dehidrasi, dan lain-lain. Namun semangat para peserta dalam menjalani kegiatan itu tidak pernah putus. Mereka juga pintar memanfaatkan waktu istirahat yang relatif sebentar dengan baik.

Koordinasi antar panitia pun dinilai cukup baik. Mereka bekerja sesuai bagian masing-masing dan tidak lupa saling membantu satu sama lain. Pengawasan dari panitia untuk peserta selalu diterapkan, misalnya apakah semua peserta dalam keadaan sehat, adakah kelompok yang salah jalan, dan sebagainya. Kakak panitia pun selalu memberi semangat kepada para peserta, agar mampu menyelesaikan perjalanannya dengan baik. Akhirnya kegiatan tersebut berjalan dengan lancar hingga selesai.

Manfaat dari kegiatan tersebut sangat banyak. Yang pertama, melatih kedisiplinan khususnya dalam hal waktu ketepatan datang ke pos-pos yang telah disediakan. Kedua, meningkatkan solidaritas antar peserta karena mereka secara otomatis dituntut saling membantu dan saling menyemangati. Ketiga, melatih kemandirian misalnya dalam kegiatan ini peserta harus memasak makanannya sendiri dengan bekal seadanya yang dibawa dari rumah. dan tentunya masih banyak lagi manfaat dari kegiatan tersebut yang dirasakan oleh para peserta maupun panitia pelaksana atau reka kerja.

Dyah Rahayu Restiana Putri

Pramuka UTM Angkatan 2019