Kamis-Minggu (18-21/2/2021) di Dispora dan Bukit Tlekung, Kota Batu Racana Trunojoyo dan Racana Rato Ebu Pangkalan Universitas Trunojoyo Madura mengadakan Sertijab dan  Pendadaran Dewan Racana beserta Ketua BKR Masa Bakti 2021-2022. Kegiatan ini jumlah peserta 33 orang.

Reka Kerja atau Panitia Pelaksana adalah demisioner Dewan Racana masa bakti 2020. Kegiatan itu sebagai pengurus baru untuk meningkatkan kualitas diri dengan berbagai materi dan latihan di bidang kepramukaan.

Setelah serah terima jabatan ada kegiatan pendadaran dan rapat kerja. Kegiatan ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, melaksanakan kegiatan pendadaran di masa pandemi. Kegiatan ini ada di dua tempat, Sertijab bertempat di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga sedangkan Pendadaran  bertempat di Bukit Tlekung, Kota Bat, Malang. Rapat kerja berisi penyampaian program kerja tahunan, bulanan, mingguan, serta program kerja dari pengurus harian dan lima divisi yakni Divisi Giat, Litebang, Kerumahtanggaan, Humas, serta Kewirausahaan.

Kamis (18/2/2021) malam hari, kami kedatangan Racana lain di kota Malang yakni Racana Uinma, Racana UB, dan Racana UM, UNISMA. Mereka bercerita bagaimana Program kerja di Racana masing-masing. Materi pendadaran dimulai dengan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan untuk menjalankan roda kepengurusan, yakni Psikologi Organisasi, Kepandegaan dan Scout Project.

Menurut Kak Joeli Kipo Esmawanto, C.H, salah satu pemateri, Pandega itu harus pandai, menjadi Visioner dan Pioneer untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

“Jadilah orang yang banyak dirindukan orang dan jangan menjadi orang yang banyak dibicarakan teman,” kata Kak Kipo.

Selain Kak Kak Joeli Kipo Esmawanto, C.H, ada Nur Syuaib yang menyampaikan, scout project memiliki tujuh tahapan. Tahap itu meliputi menentukan jenis kegiatan, mengintegrasikan kesempatan belajar, perencanaan, persiapan, melaksanakan kegiatan, evaluasi, dan kemajuan, serta selebrasi/perayaan. Pramuka itu adalah orang yang mengikuti kepramukaan, kepramukaan adalah kegiatannya, sedangkan Gerakan Pramuka adalah wadah atau organisasi dari Pramuka.

Terdapat beberapa indikator yakni bahagia, sehat jasmani, suka menolong, produktif, kreatif dan inovatif.

“Hidup bahagia, mati bahagia,” kata Nur Syueb.

Kegiatan ditutup dengan upacara adat penutupan program kerja pendadaran. Nisa selaku Ketua Dewan Racana Putri berharap Dewan Racana ini bisa menghormati, bekerjasama dan tentunya amanah itu tidak salah pundak. Semua harus melakukan yang terbaik sesuai peran yang disandang.

 

Nur Aisyah

Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Universitas Trunojoyo Madura

nuraisya396@gmail.com